Laman

Powered by Blogger.

Saturday, October 27, 2012

Bird Watching

Bird watcing bisa diartikan sebagai kegiatan pengamatan burung, baik dari cara mereka terbang, suara mereka, sampai "aktivitas sehari-hari' mereka. Tapi gak semua pengamatan aktivitas burung yang bisa dikategorikan sebagai bird watching loh, aktivitas burung disini yang belum tersentuh sama campur tangan manusia, masih alami gampangannya. Maksudnya hidup para burung itu masih bebas, gak dikekang atau dikandang sama manusia.

Bird watching ini bisa di alun-alun, di taman kota, atau kalo mau langsung di suaka alam juga boleh kok, asalkan ya itu tadi, burungnya masih bisa terbang bebas.
Tujuan birdwatching ini agar kita bisa "merasakan" kehidupan burung, misalnya nih ya kita mengamatinya di alun-alun kota, dan disitu kita lihat bagaimna kehidupan para burung itu, biasanya sih ya, tempat tinggal mereka kurang memadai soalnya kan yaa kurang perhatian gitu lah. Tapi semoga hal ini gak terjadi di semua alun-alun kota yang ada burungnya o:). Nah kalo kita udah tau gimana keadaan hidup mereka, paling enggak kita bisa kan yaa mencoba untuk ngasih masukan ke pemerintah dimana kita tinggal buat mulai memperhatikan keadaan hidup burung-burung tersebut.
Tujuan lainnya adalah untuk melestarikan burung-burung itu sendiri. Jadi kalo kita mengamati mereka terutama di habitat aslinya, kita bakal bisa ngeliat berapa populasi burung-burung tersebut di alam liar. Yaa kalo bisa sih ya kita mencoba mengingatkan manusia-manusia lain biar nggak mengganggu mereka, mencoba memburu mereka lebih tepatnya.
Oke, lanjut. dalam ber-birdwatching ini gak sembarangan baju yang bisa kita pake loh. Yaa sebenrnya sih gak ada baju khusus gitu, tapi kita gak boleh pake baju dengan warna yang mencolok, apalagi kalo kita pengamatannya di habitat asli. Soalnya hal itu bakalan membuat para burung mengetahui keberadaan manusia, dan karena umumnya burung adalah hewan yang pemalu, jadi takutnya kalo mereka tau ada manusia, mereka malah terbang dan kita gak bisa mengamati mereka deh. Jadi kalo mau melakukan birdwatching di habitat asli mereka sebaiknya pake baju dengan warna-warna redup. Misalnya warna coklat atau hijau, kan mirip mirip warna batang pohon sama daunnya tuh, jadi para burung gak bakal menyadari kalo ada manusia di dekat mereka. Terus juga sebaiknya kita pake baju yang panjang, menutupi seluruh permukaan kulit (biar gak terkena duri dan terlindung dari sinar matahari), bisa menyerap keringat, ada kantungnya (biar bisa nyimpen buku catatan), dan gak ribet alias simple. Iyalah, masa mau ke hutan pake gaun? *oke, abaikan*
Selain itu kita juga harus punya beberapa peralatan seperti buku catatan dan alat tulis, buku pengenalan jenis burung (buku ini untuk mengetahui jenis burung yang kita amati. Kalo kalian yang akan melakukan birdwatching ini masih bersekolah, coba tanyakan ke guru pendidikan lingkungan hidup kalian, biasanya sekolah menyediakan buku ini), teropong binokuler, dan kamera (kamera yang digunakan bisa slr, kamera digital juga boleh kok. Tapi kalo mau hasilnya lebih bagus, pake slr hehe :p).
Oh iya, ini beberapa foto yang aku dapat saat birdwatching tanggal 7 Oktober 2012 bersama anak anak Fastradha. Kita pengamatannya di alun-alun kota Malang.

Lihat, mereka makan! Tapi kok keliatan kotor yah :/

Burungnya gak sadar kamera ._.

Lihat kan, kurangnya perhatian pemerintah menjadikan
air mancur gak enak dipandang

Saat itu para burung terbang mengitari alun-alun looh

Pagupon, tempat tinggal burung  dara, terlihat kotor
dan mengenaskan
Itu fotonya pake kamera digital loo, tapi tetep bagus kan? Gak kalah laah sama slr :p. Oh iya, untuk penjelasan lebih lanjut tentang birdwatchig, bisa dilihat di JavAurora , blognya guru plh ku. Bisa tanya tanya langsung kalo masih ada yang belum jelas.

Okelah, sudah cukup postingan kali ini. Template baruu~ #duniaharustahu

Cheers, Putri

1 comment:

  1. bird watching seems so interesting!
    nice blog dear! wanna follow each other? :)

    http://choccopost.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih yang mau komentar, saya terharu :')